Rumus rumus yang ada di Microsoft Excel

Anjeli48.com - Sobat anjeli48 tentu dalam dunia accounting kita tidak bisa terlepas dari salah satu program Excel, kalian pengguna windows tentu tidak asing bukan dengan program satu ini. 
Source image: Microsoft

Ya program satu ini digunakan untuk mengolah suatu data dalam kegiatan accounting kita. 
Nah kali ini aku akan sedikit bahas beberapa pengertian rumus rumus yang terdapat di program Excel ini. Berikut adalah rumus rumus di Microsoft Excel. 

Rumus Rumus

Berikut ini merupakan berbagai rumus pengolahan angka yang terdapat di dalam Microsoft Excel.
Pemakaian rumus pada excel yang paling mudah yakni dengan operasi penjumlahan dan pengurangan.
Caranya cukup mudah yakni kalian hanya perlu menambahkan sell satu dengan lainnya. *Contohnya (=A1+A2)

1. Count

Count merupakan rumus untuk menghitung banyak angka(hanya angka) dalam sebuah range. Contoh =count(A2,A5)

2. Counta

Counta berfungsi untuk menghitung banyak data dalam sebuah range dan caranya pun masih sama dengan count.
Data tersebut bisa berwujud angka atau huruf.

3. Countif

Countif berfungsi untuk menghitung banyak data dengan kriteria tertentu.
Sebagai contoh dalam sebuah range terdaat beberapa sell yang sama, maka kita bisa menentukan ada berapa banyak sell yang sama tersebut.
Contoh =countif(B15:B20,criteria sma yg dicari)

4. Sumif

Sumif berfungsi untuk menghitung jumlah data dengan kriteria tertentu serta kemudian data yang sama tersebut akan ditotalkan.
Penggunaan rumus ini cukup mudah, dengan memasukkan rangenya, kriteria yang sama, lalu masukkan range yang akan dijumlahkan.
Contoh =SUMIF(F17:F22,2,F17:F22)

5. Sum

Sum merupakan rumus yang berfungsi untuk menjumlahkan total dari beberapa range. Contoh =SUM(A1:A5)

6.Min

Min merupakan rumus yang dipakai untuk mengetahui variable angka yang paling kecil.
Cara penggunaan rumus ini cukup dengan menggabungkan beberapa range dari yang ingin diketahui jumlah yang paling kecilnya.
Contoh =min(A2:A17)

7. Max

Max merupakan kebalikan dari min, caranya pun juga sama. Contoh =max(A5:A15)

8. Right

Right merupakan pemakaian untuk mengambil beberapa karakter dari sebelah kanan.
Cara menggunakan rumus ini yaitu dengan memasukkan text atau juga sell yang akan dipilih. Contoh =right(B15,3)

9. Mid

Mid merupakan pemakaian untuk mengambil beberapa karakter dari tengah.
Caranya cukup memasukkan teks/ sellnya lalu masukkan start num/ dimulai dari karakter berapa dan terakhir masukkan isi berapa karakter ingin diisi.
Contoh =mid(A5,2,5)

10. Left

Left merupakan mengambil karakter dari sebelah kiri. Contoh =left(A1,3)

11. Hlookup

Hlookup merupakan rumus untuk mengambil rumus dari table secara horizontal. Caranya kita harus menentukan range table yang akan dijadikan pedoman.
Lalu tekan f4 di range tersebut untuk untuk mengunci range tersebut supaya nantinya pada saat dicopy rumusnya tidak error.
Yang harus dilakukan yakni, mengisi lookup value, table array, rowindeksnum, serta range lookupnya.

12. Vlookup

Vlookup adalah kebalikan dari hlookup, dengan mengambil rumus secara vertical. Serta caranya pun juga masih sama dengan Hlookup.

13. IF

IF merupakan pemakaian rumus yang menurut saya lumayan sulit. Sebab, rumusnya adalah yang paling panjang serta memakai logika.
Cara pemakaian rumus ini yakni kita harus menentukan terlebih dahulu apa saja yang ingin dibuatkan logikanya.
Lalu mengisi logical test, value is true, dan kemudian value is false.

Tidak ada komentar